Sampai kapan usia/umur madu bisa dikonsumsi dan madu tahan berapa lama setelah di panen dari sarangnya?

Apakah madu tetap tahan lama setelah disimpan berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun?

Judul diatas kerap menjadi pertanyaan bagi kita semua yang sedang atau akan mengkonsumsi madu. Selain serbaguna dan lezat, madu dapat digunakan pada semua jenis makanan, minuman dan juga di konsumsi langsung tanpa campuran apapun.

Sekarang sampai kapan madu yang kita simpan bisa di konsumsi?

Disadur dari naturenates.com, madu ternyata bisa tahan sepanjang masa, tidak mempunyai masa kadaluwarsa/expire dan tidak basi, berikut terjemahan bebasnya.

Alami dan tahan lama seperti magic

Madu alami yang diawetkan dengan baik tidak akan kedaluwarsa. Faktanya, para arkeolog menemukan madu berusia ribuan tahun di kuburan Mesir kuno dengan kondisi yang masih tetap bagus! Sementara sebagian besar dari kita tidak perlu khawatir tentang madu setua itu, penemuan mereka membuktikan bahwa jika madu tersimpan dengan benar, maka madu asli dapat bertahan untuk waktu yang sangat – sangat lama. Dewan Madu Nasional juga setuju. Mereka berkata, “Madu yang disimpan dalam wadah tertutup bisa tetap stabil selama beberapa dekade dan bahkan berabad-abad!”

Alasan umur madu yang panjang ini terletak pada susunan biologisnya. Karena kandungan gula dan pH madu yang rendah, serta proses pembuatan madu lebah, organisme yang dapat merusak makanan tidak akan bertahan hidup dalam madu. Tapi madu harus alami dan disegel dengan benar untuk menikmati umur panjang.

Perubahan alami

Meskipun madu tidak memiliki tanggal kedaluwarsa, madu masih dapat mengalami perubahan alami. Dewan Madu Nasional (US) mengatakan bahwa dari waktu ke waktu madu dapat “menggelapkan dan kehilangan aroma dan rasanya atau mengkristal,” tergantung pada perubahan suhu.

Sementara perubahan aroma atau rasa mungkin menjadikannya kurang menarik, madu yang terkristalisasi benar-benar normal dan tidak mengubah rasa madu. Bahkan – itu membuktikan kalau madu Anda asli dan tidak dipasteurisasi! (madu mentah, seperti dari sarangnya). Kristalisasi paling sering terjadi pada madu asli, karena mengandung gula alami dan serbuk sari, yang merupakan dua hal yang sangat Anda inginkan ada dalam madu Anda. Jika Anda tidak menikmati kristal-kristal itu, cukup istirahatkan madu Anda dalam semangkuk air hangat selama sekitar satu jam untuk menghilangkan kristal tersebut. Ini tidak akan mengubah rasa atau aroma madu dan tentu saja bukan berarti madu Anda telah kedaluwarsa!

Hanya madu asli, mentah dan murni yang bisa bertahan

Karena madu alami dan murni bisa mengalami perubahan normal tersebut, maka ia dapat bertahan selama ribuan tahun. Sedangkan madu yang telah diproses atau diubah tidak bisa mempertahankan manfaat alami tadi – yaitu berumur panjang.

Madu mengandung banyak vitamin dan enzim yang menjadikannya pengganti gula alami. Untuk memastikan madu yang sebenarnya, itu harus mentah dan tanpa filtrasi, seperti madu alam & tanpa filtrasi (contohnya madu Naturlig*). Madu mentah berarti bahwa ia belum dipanaskan pada suhu tinggi, yang membunuh vitamin dan enzim. Madu tanpa filtrasi (madu murni) berarti bahwa semua barang berada di dalam madu, termasuk serbuk sari. Memiliki jumlah serbuk sari yang tinggi dalam madu memungkinkan Anda melacak madu kembali ke sumber aslinya. Ini lebih dari eksperimen yang menyenangkan; ini membuktikan madu Anda berasal dari bunga asli yang hidup dan belum datang dari luar negeri. Tidak ada penipu di sini!

*sisipan – iklan mode:on

Jadi lain kali Anda mempertanyakan umur madu yang telah hilang/tersimpan lama – maka ketahuilah bahwa madu yang murni 100% tidak mempunyai masa kadaluwarsa. Bahkan jika madu mengalami beberapa perubahan alami seperti kristalisasi, itu tidak berarti bahwa madu sudah rusak atau basi. Itu bisa berarti bahwa anda telah mendapatkan madu yang benar-benar murni. Selanjutnya bisa anda nikmati kelezatan madu tersebut.

Nah kira-kira demikian kutipan terjemahan bebas dari website tersebut yang menerangkan kepada kita bahwa madu bisa tahan lama sepanjang masa (belum diketahui umur pastinya) selama mendapatkan perlakuan khusus, misalnya dengan penyimpanan yang baik dan tertutup rapat dll dll.

Produk Naturlig

Madu Murni Naturlig

Madu murni Naturlig merupakan madu mentah yang diambil langsung dari peternak madu, murni non pasteurisasis maupun filtrasi, sehingga menjadikan madu kami berupa madu yang ‘seperti yang ada di sarang lebah’, sesuai penjelasan paragraph awal diatas.

Sirup Herbal Naturlig

Sirup herbal Naturlig menggunakan madu mentah sebagai salah satu campuran bahan ramuannya, maka bisa dibayangkan bagaimana semua kebaikan diatas bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya – minimum 1 sendok makan sehari.

Summary
Apakah Madu Bisa Kadaluwarsa, Basi Atau Expire?
Article Name
Apakah Madu Bisa Kadaluwarsa, Basi Atau Expire?
Description
Sampai kapan madu bisa dikonsumsi? Madu tahan berapa lama setelah di panen dari sarangnya? Apakah madu tetap tahan lama setelah disimpan sangat lama?
Author
Publisher Name
Internet
Publisher Logo

Leave a Reply