Rajin mengkonsumsi cuka apel diyakini bisa menjadi ‘obat ajaib’ bagi tubuh anda, apa saja khasiat cuka apel?

Asal muasal cuka apel

Cuka sari apel atau cuka apel adalah cuka yang dibuat dari jus apel yang difermentasi, dan digunakan dalam dressing salad, bumbu rendaman, vinaigrettes, pengawet makanan, dan salam.

Cuka apel dibuat dengan cara menghancurkan/menggiling apel, untuk kemudian diperas sarinya. Kemudian bakteri dan ragi ditambahkan ke dalam cairan ini agar bisa berfermentasi dan kemudian diubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat (spesies Acetobacter). Asam asetat dan asam malat bergabung untuk memberikan cuka rasanya asam.

Berikut ini beberapa manfaat yang sudah terbukti secara klinis

  1. Membantu mengurangi nafsu makan
  2. Mengurangi keinginan mengkonsumsi makanan manis
  3. Membuat perut terasa nyaman
  4. Dapat mengurangi kadar gula darah
  5. Dapat menyehatkan jantung
  6. Menaikan daya serap tubuh akan nutrisi
  7. Mengurangi resiko kanker
  8. Melindungi terhadap bakteri
  9. Menghilangkan bau nafas tak sedap

Lebih detil mengenai hal diatas

Membantu mengurangi nafsu makan

Luiza Petre, MD, seorang ahli penyakit jantung klinis menyatakan bahwa cuka apel terbukti dapat memberikan rasa kenyang, meminum segelas air lemon dengan tambahan cuka apel dapat membuat perut terasa kenyang, jauh daripada meminum air biasa, yang mana hal ini dapat membantu mengurangi makan yang berlebihan.

Karena kegunaannya ini maka cuka apel bisa menjadi tambahan dalam menu diet pelangsing badan anda.

Mengurangi keinginan mengkonsumsi makanan manis

Selain membantu kita untuk merasakan kenyang lebih lama, cuka apel dapat juga mengekang keinginan makanan manis, terutama jika kita mencampurnya dengan madu. Asam asetat dalam cuka dapat membantu memadamkan keinginan kita akan gula. Dan bagian yang terbaik? Cuka apel dapat memuaskan keinginan akan makanan manis tersebut dalam jumlah kalori yang sangat kecil.

Rebecca Lee, RN, seorang perawat di kota New York dan pendiri RemediesForMe.com mengatakan “Cuka sari apel adalah makanan dengan kalori yang sangat rendah, hanya tiga kalori per sendok makan,”
Namun ia memiliki vitamin dan mineral penting, katanya, termasuk kalium, magnesium, dan beberapa serat.

Ini tentunya sangat bagus. Dan itu hanya sebagian kecil dari banyak alasan mengapa cuka sari apel sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Membuat perut terasa nyaman

Cuka apel bekerja sangat baik untuk sistem pencernaan. Prebiotik yang terkandung didalamnya sangat bermanfaat bagi mikroorganisme sehat yang memantau sistem pencernaan kita. Meminumnya juga dapat membantu mengatur jumlah asam dalam perut, yang mengarah pada pencernaan yang lebih mudah.

Dapat mengurangi kadar gula darah

“Cuka apel meningkatkan efisiensi insulin dalam memecah gula, bahkan selama makan tinggi karbohidrat,” kata Lee. Amy Leigh Mercree, penulis Apple Cider Vinegar Handbook, menambahkan, “Dosis harian cuka apel dapat membantu menstabilkan dan mengatur gula darah Anda. Ini juga dapat mencegah resistensi insulin, suatu gejala pra-diabetes. ”Tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung penderita diabetes yang menggunakan cuka apel untuk menggantikan insulin atau obat diabetes lainnya, tetapi memasukkan cuka apel sebagai bagian dari diet pencegahan mungkin membantu menjaga pra-diabetes dari diabetes yang makin berkembang.

Dapat menyehatkan jantung

Jika kita mencari cara sederhana untuk membantu menurunkan kolesterol dan risiko serangan jantung, cukup dengan cara yang sederhana. “Cuka apel menurunkan trigliserida,” kata Lee. “Trigliserida menyebabkan plak lemak di sepanjang arteri Anda. Penumpukan ini dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah. ”Demikian juga, serat makanan yang disebut pektin, ditemukan di kedua apel dan cuka, membantu menetralkan kolesterol jahat.

Menaikan daya serap tubuh akan nutrisi

Manfaat rahasia lain dari cuka apel adalah dapat meningkatkan nutrisi yang Anda serap dari makanan lain. Menurut jurnal ilmiah Bioscience, Biotechnology, dan Biokimia, cuka dapat membantu usus Anda menyerap kalsium dengan lebih baik; hal yang sama juga berlaku untuk zat besi.

“Prebiotik dalam cuka apel membantu kita memberi makan bakteri baik sehingga membuat kita lebih mudah menyerap vitamin dan mineral dari makanan,” kata Mercree. “Ini juga membantu fungsi tubuh kita lebih baik dan meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.”

Mengurangi resiko kanker

Meskipun tidak ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa cuka apel dapat mencegah kanker, sebuah penelitian pada tahun 2004 menunjukkan bahwa cuka dapat menyusut dan membunuh sel-sel kanker di tabung reaksi. Meskipun kurangnya bukti langsung, banyak ilmuwan percaya bahwa cuka apel memiliki beberapa manfaat anti kanker.

“Cuka apel adalah makanan alkali yang mengembalikan keseimbangan basa / asam tubuh kita,” kata Lee. “Ini penting karena sel kanker tumbuh subur di lingkungan yang asam.”

Melindungi terhadap bakteri

Cuka apel memiliki sifat antibakteri dan anti jamur yang kuat, “mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang berbahaya di saluran pencernaan kita,” kata Lee. Ini penting, karena jaringan limfoid terkait usus mewakili 70 persen dari sistem kekebalan tubuh kita.

Asam asetat dalam cuka apel dapat membantu membunuh bakteri patogen seperti E. coli, serta mikroba dan virus yang berbahaya. “Peningkatan asam lambung berarti tingkat pH lambung turun, yang membantu membunuh mikroba jahat yang mungkin terpapar melalui makanan kita,” jelas Laura C. Stix, ND, seorang dokter naturopati dan hipnoterapis klinis.

Sifat antibakteri pada cuka apel dapat menghilangkan jerawat di wajah Anda dan bahkan memerangi bau kaki.

Menghilangkan bau nafas tak sedap

Manfaat lain yang bagus dari sifat antibakteri cuka apel? Ini dapat membantu membunuh bau mulut. Meskipun tidak harus berfungsi sebagai pengganti obat kumur, meminumnya setiap hari (atau menggunakannya sebagai obat kumur) dapat membantu menjaga napas Anda tetap segar.

Jika Anda memang memutuskan untuk berkumur dengannya, pastikan untuk mencairkannya dengan air dan tunggu setidaknya setengah jam sebelum menyikat gigi, sehingga asam tidak akan merusak enamel.

Demikian postingan kali ini mengenai 9 khasiat yang ada pada cuka apel.

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Sirup Herbal Naturlig

Sirup herbal Naturlig menggunakan cuka apel sebagai salah satu campuran bahan ramuannya, maka bisa dibayangkan bagaimana semua kebaikan diatas bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya – minimum 1 sendok makan sehari.

Summary
9 Manfaat Cuka Apel Bila Diminum Rutin Setiap Hari
Article Name
9 Manfaat Cuka Apel Bila Diminum Rutin Setiap Hari
Description
Rajin mengkonsumsi cuka apel diyakini bisa menjadi 'obat ajaib' bagi tubuh anda, apa saja khasiat cuka apel? berikut beberapa manfaat yang sudah terbukti
Author
Publisher Name
internet
Publisher Logo

Leave a Reply